5 Hal Penting Saat Mendesain Mobil Offroad Ringan

mobil-offroad-ringan

Banyak orang yang melakukan olahraga menantang dengan mobil offroad. Olahraga satu ini yaitu adalah olahraga untuk melatih kekuatan tangan, kefokusan, kepekaan, dan bersenang-senang. Biasanya olahraga satu ini diadakan di daerah pedesaan atau daerah perbukitan yang memiliki banyak tanah luas yang tak merata. Dan bisa juga dilakukan di dalam hutan yang memiliki jalan besar dan bisa dilewati oleh mobil. Jalanan yang terjal, berliku, berbatu, dan berair merupakan track tersendiri dan tantangan yang mengasyikkan untuk olahraga tomboy satu ini.

Yang biasanya sering melakukan olahraga satu ini ialah anak muda, orang dewasa, dan orang tua sekalipun. Dan hampir 90 persen peserta atau pengendara yang melakukan atraksi off-road adalah gender laki-laki. Mungkin wanita kurang menyukai karena terlalu beresiko dan menakutkan. Namun bagi Anda yang hobi, pastinya suka sekali. Terlebih lagi ingin merenovasi mobil dengan gaya yang ringan. Jika Anda ingin mendesain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan!

Perhatikan rangka mobil
Jika Anda ingin memodifikasi mobil untuk gaya offroad. Anda perlu memperhatikan bahwa mobil yang akan di desain, adalah mobil yang telah terpisah antara rangka dengan bodinya. Rangka mobil disebut dengan chasis, tak boleh menyatu dengan monoqoque atau disebut juga dengan bodi mobil. Pasalnya jika ingin meninggikan ground clearance, atau bisa dikatakan dengan jarak antara permukaan tanah dengan bodi mobil. Untuk itu perlu diangkat bodinya, dan cara yang paling tepat untuk meninggikan. Adalah memberi ganjalan diantara bodi dengan rangka mobil.

Perhatikan lubang udara dan kabel
Jika membawa mobil untuk off-road, pastinya mobil akan melewati jalanan berbecek, sungai, air berkubang, dan jalanan tak rata yang pastinya tak menentu kondisi jalannya. Untuk itu perlu dipastikan bahwa lubang untuk saluran air dan saluran udara yang ada di mesin, perlu dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan biasanya. Anda juga bisa menggunakan sambungan yang berasal dari bahan logam ukuran tinggi dan diarahkan ke atas, sehingga dapat menyerupai cerobong. Semua ini berfungsi agar air yang dilewati oleh mobil offroad, tidak bisa masuk ke dalam ruang bahan bakar dan ke ruang bakar mesin.

Perhatikan kaki, per, dan pelek
Ban yang berasal dari pusatnya, biasanya berukuran 4×4 yaitu 29 inci. Jika Anda ingin lebih fokus di dalam dunia off-road. Lebih baik Anda mengganti ban dengan ban yang lebih besar. Namun perlu diketahui, sebelum membeli pastikan bahwa kenaikan ban tidak melebihi 3 inci. Dan pastikan ban akan terasa nyaman setelah dipasang. Ketika ingin meninggikan suspensi yang ada, shock perlu diganti dan pastinya Anda tak perlu khawatir karena telah banyak dijual toko komponen.

Sesuaikan aksesoris
Ingin membuat penampilan mobil semakin lebih gahar dan menawan, tak salah jika Anda menambahkan beberapa aksesoris tambahan. Seperti over fender, rack atas, wings, dan lain sebagainya. Namun yang perlu Anda pastikan, jika ingin membeli suatu aksesoris. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa aksesoris tersebut sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, kegunaan, jenis, untuk mobil Anda.

Jangan mengubah mesin dan bodi
Apabila Anda ingin memilih jenis off-road ringan, Anda tak perlu merubah bodi dan mesin Anda. Bila ada beberapa orang yang mengubah, mungkin mereka tidak begitu paham. Karena sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan saja mesin dan bodi yang ada. Terlebih lagi jika mobil Anda berukuran SUV 4×4. Pastinya mobil offroad Anda sudah bagus dan tak perlu perubahan yang membuang banyak biaya.