5 Strategi Menjual Produk Baru

Promosi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam bisnis, karena promosi merupakan alat untuk mengkampanyekan produk / usaha kita. Karena dengan promosilah kita bisa mendongkrak omset usaha. Untuk UKM kita harus membuat promosi yang kreatif yang low budget tetapi high impact. Ide promosi kreatif yang dapat digunakan adalah idenya sederhana, mudah dikerjakan, dan hemat sumberdaya, tapi mampu menyelesaikan masalah dengan efektif. Yang pertama yang harus dilakukan adalah :

1. Memasang promotion tools di tempat yang terlihat oleh konsumen. Nah apakah Mas Azrul sudah membuat promotion tools yang terlihat oleh calon konsumen ? misal : banner, spanduk, baliho dan lain-lain. Atau jangan-jangan tetangga atau konsumen disekitar tempat usaha saja tidak ada yang tau?, apalagi orang lain…iya enggak?. Dari konsumen-konsumen Anda yang sudah ada, coba di identifikasi dari mana mereka mengetahui info tentang usaha Anda, melalu identifikasi itu akan terlihat promotion tools yang efektif. Bisa menggunakan flashdisk kartu sebagai alternatif usaha.

flashdisk kartu Hans

2. Untuk bisnis rigging biasanya orang akan meminta rekomendasi dari orang yang sudah pernah menggunakan (konsumen lama), sehingga factor word of mouth sangat berperan penting, sehingga Anda wajib menjaga kepuasan pelanggan Anda.

3. Buatlah database konsumen Anda, dan rawatlah konsumen tersebut. Ketika mendapat konsumen, mintalah data-data konsumen tersebut, meliputi nomor telepon, email..itu yang terpenting, lalu rajin-rajinlah menjalin silaturahim dengan konsumen, misal dengan mengirimkan info promosi usaha.

4. Buatlah konsep promosi untuk pelanggan lama, misal dengan memberikan fee marketing atau bingkisan sebagai ucapan terimakasih bagi pelanggan yang telah merekomendasikan rekannya menjadi konsumen baru Anda, tidak perlu besar, namun ini akan membuat pelanggan lama pemberi rekomendasi merasa diperhatikan dan dihargai oleh Anda.

5. Cara unik lainnya adalah yang di ajarkan oleh salah seorang mentor kami di Sekolah BIsnis Umar Usman, yaitu “ the power of kondangan”. Apa itu the power of kondangan”? Naah ketika Anda mendapatkan undangan pesta pernikahan (kondangan) jangan pernah melupakan kartu nama Anda ( Kartu nama usaha/bisnis Anda). Ketika mengobrol dengan tamu lain, jangan lupa untuk memperkenalkan diri serta usaha Anda kepada rekan bicara. Pastinya banyak tamu yang di undang dalam sebuah pesta pernikahan, maka dari itu “Kondangan” ini merupakan ajang promosi yang cukup efektif juga.