Apa Saja Jenis-jenis Desain Bangunan Itu?

Desain Bangunan

Untuk membuat desain bangunan dibutuhkan suatu model yang sesuai dengan keinginan konsumen. Desain suatu bangunan umumnya menggambarkan karakter dari pemiliknya. Agar memperoleh desain seperti yang diinginkan dapat dirundingkan antara konsumen dengan arsiteknya terlebih dahulu sebelum merancang desain. Ada beberapa jenis untuk mendesain bangunan yaitu analogical design, canonic design, iconic design danpragmatic design.

Desain Bangunan

Desain Bangunan (pinterest)

Analogical design adalah desain bangunan yang dibuat berdasarkan analogi tertentu berkaitan dengan arsitektur atau di luar arsitektur seperti bentuk alam. Contoh bangunan yang didesain menurut analogical design yaitu Menara Api di Dubai. Noah’s Ark yang ada di Hongkong didesain berdasarkan analogi dari bahtera Nabi Nuh.

Lihat Selengkapnya: Jasa Arsitek yang ahli mendesain bangunan di Indonesia

Canonic design adalah desain bangunan yang menggunakan sumbu-sumbu grid membentuk desain dan konstruksi bangunan untuk menciptakan ukuran dan bentuk ruang berdasarkan sistem proporsi. Contoh bangunan yang didesain menurut canonic design yaitu Bauha Temple di India.

Iconic design adalah konstruksi bangunan yang merupakan modifikasi dan repetisi dari bangunandengan kandungan unsur simbol, tradisi dan mitos kebudayaan daerah tertentu. Contoh bangunan yang didesain menurut iconic design yaitu Phinisi Tower di Makasar.

Pragmatic design adalah desain berdasarkan penggunaan bahan bangunan yang dilakukan secara trial and error hingga tercipta bangunan sesuai tujuan dari perancang. Contoh bangunan yang didesain menurut pragmatic design yaitu Cultural Center Swallow’s Nest di Taiwan dan Sidney Opera di Australia.

Desain bangunan yang dirancang menurut jenis tertentu akan menggambarkan sebuah karakter dan memberikan keistimewaan tersendiri.

Desain bangunan hotel dibuat semenarik mungkin untuk memikat pengunjung. Ada beberapa hotel yang didesain dengan keunikan untuk memberikan sensasi tersendiri kepada tamu saat menginap. Hotel yang didesain dengan unik diantaranya adalah Ascher Cliff, Barbie Hotel, Conrad Maldives Hotel, Gili Lankanfushi, Gua Gamirasu Hotel, Homestead Resort and Spa, Kakslauttanen Hotel, Katikies Hotel dan Ladera Resort.

Ascher Cliff berlokasi di tepi tebing curam Ebenalp di Switzerland. Tamu yang menginap di hotel ini dapat melihat pemandangan dari puncak Gunung Nothern.

Barbie Hotel berlokasi di Hilton Buenos Aires, Argentina. Hotel dengan 136 kamar ini didesain untuk memanjakan tamu seakan-akan berada di rumah barbie. Hampir keseluruhan furniture dan arsitektur kamar dibuat seperti rumah impian barbie. Warna pink dan pink muda memberi nuansa barbie semakin melekat.

Conrad Maldives Hotelberlokasi di Maldives. Tamu yang akan menginap di hotel ini harus menyelam menggunakan kapal selam ke bawah laut. Dengan desain bangunan hotel berada di kedalaman laut memberikan pemandangan laut dalam dengan ikan-ikan yang berenang bebas saat berada di dalam kamar.

Gili Lankanfushiberlokasi di Maldives. Hotel ini sangat unik karena dibangun di tengah laut berwarna biru jernih. Pada lantai 2 disediakan perosotan yang akan meluncur langsung ke laut.

Kakslauttanen Hotel berlokasi di tengah hutan Finlandia. Tamu yang menginap di hotel ini akan merasakan sensasi di tengah musim salju dengan langit-langit kamar kaca sehingga dapat melihat langit.

Ladera Resort berlokasi di St. Lucia sebagai salah satu area UNESCO World Heritage Site. Tamu yang menginap di hotel ini dapat melihat pemandangan Lautan Karibia dan dua Gunung Piton.

Desain bangunan hotel yang unik dan fantastis tersebut akan memberikan sensasi berbeda saat menginap di hotel.