Apakah benar Minum Kopi Dapat Pulihkan Kejang Epilepsi?,

Jakarta, Masihlah kentalnya stigma pada penyandang epilepsi di orang-orang bikin perlakuan epilepsi juga kental dengan mitos. Salah nya ialah menangani epilepsi dengan memberi kopi lantaran minuman ini memiliki kandungan stimulan. Apakah benar hal semacam ini? Kopi tak bisa diminumkan saat kejang.

Tak bisa memasukkan apa pun kedalam mulut saat kejang, kata dr Suryo kata dr Suryo Dharmono, SpKJ (K), spesialis psikiatri dari Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia dalam diskusi media ‘World Purple Day 2013 : Mari Perduli Epilepsi’ yang diadakan Abott di Hotel Gran Melia Jakarta, Kamis (20/3/2013). Dr Suryo menjelaskan kalau perlakuan pasien epilepsi yang alami kejang yaitu selekasnya panggil pertolongan, lantas tidurkan pasien dengan posisi miring. Janganlah menempatkan pasien dengan posisi telentang supaya tak terganggu jalan napasnya. Kemudian, longgarkan baju yang menghimpit.

Tunggui pasien hingga usai bangkitan (seizure atau kejang). Sesudah bangkitan usai, terkadang pasien masihlah bingung. Kondisi ini bikin pasien rawan dibohongi, dicopet dsb, kata dr Suryani Gunadharma, SpS (K), spesialis saraf dari Tempat tinggal Sakit Hasan Sadikin, BandungApabila kejang-kejang yang dihadapi yaitu peristiwa yang pertama kalinya dihadapi, dr Suryani merekomendasikan untuk selekasnya membawa pasien ke UGD lantaran penyebabnya dapat dipicu oleh beragam hal. Terkecuali kopi, ada pula yang memiliki pendapat kalau memencet jempol saat terasa bakal alami kejang bisa menghindar timbulnya epilepsi. Ada riset yang temukan kalau memencet jempol saat terasa bakal alami kejang dapat menghindar bangkitan.

Namun ini mungkin saja belum dapat digeneralisir. Ada pula pasien saya yang katakan saat terasa ingin alami kejang dia menepuk-nepuk tubuhnya, lantas tak jadi kejang, kata dr Fitri Octaviana, SPS, Mpd. Ked, ketua Perhimpunan Penanggulangan Epilepsi Indonesia (PERPEI). Menurut dr Fitri, adakalanya beberapa cara itu ampuh menghindar bangkitan atau kejang epilepsi lantaran tingkatkan self aware (kesadaran diri) pasien. Kumatnya epilepsi umumnya berlangsung lantaran dipicu oleh stres emosional, kelelahan, atau mengantuk. Tetapi sebagian cara ini masihlah butuh di teliti selanjutnya. (pah/vit)

kapsul kopi hijau