Produksi Daihatsu Sigra dibantu oleh Ratusan Robot

Robot itu bisa sangat membantu sekali untuk manusia, karena manusia tidak perlu lelah untuk bekerja, robot sudah bisa membantu semua pekerjaan kita.

Sejumlah 300 robot mensupport sistem produksi kendaraan Daihatsu Sigra di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Assembly Plant. Kepala Inspeksi Kwalitas ADM Frederik Kristianto di Karawang, Rabu, menyampaikan 42 % pembuatan kendaraan Daihatsu di KAP memakai robot.

sumber gambar: republika.co .id

sumber gambar: republika.co .id

” Bekasnya manual atau ditangani oleh orang. Terlebih dulu otomatisasi cuma 20 %, ” tuturnya Rabu (24/8).

Bukan sekedar Daihatsu Sigra, Frederik menerangkan, pembuatan Daihatsu Ayla, Toyota Agya serta Toyota Cayla juga dikerjakan memakai tehnologi robot. Robot-robot diantaranya kerjakan perpindahan badan, pemasangan badan sampai pemasangan beragam komponen kendaraan.

Ia menerangkan kalau ada lima bagian yang mencakup pengecapan, pengelasan, pengecatan, perakitan serta kontrol dengan 16. 000 unit pelaksanaan untuk membuahkan satu mobil.

” Sistem yang paling banyak memakai robot yaitu body welding (pengelasan), ” terang Frederik dan memberikan robot-robot yang dihadirkan dari Jepang itu dapat beroperasi sampai 15 th..

Memakai tehnologi itu, Karawang Assembly Plant menghasilkan 200 ribu unit kendaraan per th.. Hal semacam ini bisa menolong mempercepat kendaraan hingga ke tangan konsumen.