Resep nasi kucing khas angkringan jogja

Resep nasi kucing khas angkringan jogja

Makanan yang satu ini yaitu ciri khas kota Jogjakarta yang begitu populer terlebih di kelompok pekerja, mahasiswa, pedagang serta lain sebagainya. Mungkin saja beberapa orang terasa aneh serta asing dengan namanya, nasi kucing ini bermakna bukanlah nasi untuk kucing, namun itu Hanya sebatas namanya saja. Untuk anda yang belum cobanya selekasnya cobanya dengan rasa-rasanya yang demikian lezat, sayang sekali saat anda melalui ke kota Jogjakarta, cobalah anda singgah terlebih dulu untuk coba nasi kucing ini. Tentu anda ketagihan lantaran rasa-rasanya itu yang mantap. Daripada anda penasaran, mendingan anda segera cobanya dirumah juga.

Resep nasi kucing khas angkringan jogja

Nasi kucing atau umum orang Jawa katakan ” Sego Kucing ” yakni nasi yang di bungkus dengan menu spesifik yang dapat anda dapatkan di warung-warung angkringan atau warung-warung tepi jalan. Kenapa diberi nama nasi kucing? Bukanlah nasi yang terbuat dari kucing atau bahan dasarnya kucing lho, namun lantaran dihidangkan dengan jumlah yang sedikit atau jumlah sedikit, seperti untuk makan kucing.

Nasi kucing umumnya di hidangkan dengan berbagai macam menu seperti tempe kering, sambal goreng, teri goreng, bandeng, babat, kepala atau ceker ayam dan sate telur puyuh. Nasi yang simpel ini begitu populer di kelompok mahasiswa serta di beberapa tempat yang ada di Jawa Tengah, tepatnya yakni di Kota Pendidikan (Yogyakarta). Tersebut resep nasi kucing enak khas jogja.

Beberapa bahan :
400 gr nasi putih
Daun pisang seperlunya

Bahan kering tempe :
300 gr tempe, potong seperti korek api, goreng
3 siung bawang putih, iris
5 siung bawang merah, iris
2 cm lengkuas, iris
5 buah cabe merah, irislah serong
50 ml air
4 sdm gula merah, iris
Garam seperlunya
2 sdm minyak goreng

Bahan balado teri :
150 gr ikan teri, goreng kering
2 sdm minyak goreng

Bahan bumbu halus :
5 buah cabe merah
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
Sambal terasi sebagai pelengkap
2 cm lengkuas, iris

Langkah bikin nasi/sego kucing :

Kering tempe : Tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta cabe sampai harum. Tuangkan air lantas masukan gula merah, masak sampai berserabut. Lalu masukan tempe, serta aduk sampai bumbu rata. Berikan garam, aduk serta tiriskan.
Balado ikan teri : Panasi minyak, tumis bumbu halus sampai berbau harum serta masak. Masukan ikan teri, berikan gula pasir serta garam, aduk sampai bumbu meresap serta rata.
Sediakan daun pisang, lantas isi dengan nasi sedikit. Berikan balado ikan teri, kering tempe, serta sambal terasi. Bungkus serta lipat ke bawah.
Hidangkan pada saat hangat.