Strategi Pemasaran Ikan Lele Hidup

Strategi Pemasaran Ikan Lele Hidup

Ikan-ikan yang dipanen dapat dipasarkan di pasar-pasar lokal dengan menfaatkan sistem klaster industry budi daya perikanan. Klaster merupakan strategi pengembangan wilayah dengan memanfaatkan potensi ekonomi. Dengan memanfaatkan klaster, pembudidaya ikan lele dapat meningkatkan pendapatan dengan bentuk kerja sama beberapa industri makanan, pusat perdagangan, dan pusat wisata. Pembudidaya bertindak sebagai pemasok bahan baku sehingga distribusi ikan lele yang dapat menyebar hingga luar daerah. Pembudidaya Ikan Lele dapat mengirimkan hasil produksi budidaya ikan lele kepada berbagai agroindustri dengan output produksi makanan jadi berupa makanan utama (lauk), ikan kaleng, ataupun makanan ringan. Hal ini untuk mengantisipasi jumlah panen ikan lele yang berlimpah.

strategi

Pemasaran dapat dilakukan melalui penjualan langsung dan melalui pemesanan. Pada umumnya pembudidaya memasarkan benih ikan lele kepada konsumen yang datang ke lokasi kolam untuk tujuan pembesaran ikan lele. Pembesaran ikan lele dapat dilakukan di kolam terpal, info lengkap mengenai kolam terpal dapat melalui jual kolam terpal. Terdapat 3 cara penjualan benih ikan lele, yaitu:

  • Pembudidaya menjual langsung ke pengusaha pembesaran ikan lele
  • Pembudidaya menjual ke pedagang pengumpul untuk selanjutnya dijual kepada pengusaha pembesaran ikan lele
  • Pedagang pengumpul menjual kepada pedagang antar wilayah sebelum dijual ke pengusaha pembesaran ikan lele

Dalam pemasaran ikan lele hidup baik berupa benih maupun ikan konsumsi diperlukan tempat penampungan yang mempunyai pasokan air yang cukup. Untuk pemasaran ikan konsumsi biasanya dijual dalam keadaan hidup karena harga yang lebih tinggi. Pengangkutan ikan lele dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara terbuka dan tertutup. Ikan lele konsumsi pada umumnya dipasarkan di dalam negeri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjual ikan lele konsumsi, antara lain menjalin kerja sama dengan usaha pecel lele, menjadi supplier pada pedagang di pasar dan bekerja sama dengan supermarket karena ikan lele sangat digemari oleh segala kalangan. Mulai dari pembudidayaan benih ikan yang mudah dan tidak memakan biaya banyak dan harga pasaran yang relatif stabil serta cukup tinggi, membuat bisnis budi daya ikan semakin mudah untuk berkembang dan tentunya menguntungkan.