Wah Penjual Sepeda Motor Bodong Makin Berani di Medsos

Screenshot_21

Jumlah penjualan sepeda motor bodong dengan kata lain lengek yang tidak diperlengkapi surat-surat kendaraan, baik STNK ataupun BPKB, di lokasi Pantura Pekalongan, Jawa Tengah, makin hari selalu jadi bertambah.

Bahkan juga, beberapa penjual sepeda motor bodong yang disangka hasil curian atau penggelapan credit itu ramai di jual bebas dengan memakai media sosial seperti Facebook.

Berdasar pada pencarian beberapa akun group jual beli motor di Facebook banyak yang tawarkan type motor tanpa ada diperlengkapi surat kelengkapan. Bukan sekedar tanpa ada BPKB, sebagian juga tidak diperlengkapi dengan STNK.

Beberapa penjual motor bodong itu umumnya datang dari lokasi Pekalongan Utara, seperti Kecamatan Wiradesa serta Tirto. Walau sebenarnya, praktek jual beli itu tidak mematuhi undang-undang serta dapat terlilit Pasal 480 KUHP mengenai jual beli barang hasil kejahatan.

Tidak ada laporan pengaduan dari orang-orang juga buat beberapa penadah makin menjalar. Belum juga dengan harga miring yang di tawarkan, banyak warga yang tergiur demikian saja.

Penjual motor bodong itu cuma membanderol sepertiga dari harga motor baru, contoh motor Vario 150 serta Satria FU keluaran 2017 cuma di jual Rp 7 juta. Lalu, Beat keluaran paling baru di jual Rp 6, 5 juta. Sedang, motor sport CBR 150 maupun R15 dibanderol sekitaran Rp 12-15 juta.

Menyikapi hal tersebut, Kasatreskrim Polres Pekalongan AKP Agung Ariyanto menyatakan praktek jual beli sepeda motor tanpa ada kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dapat dijerat pidana.

” Ada pidananya bila orang-orang dengan berniat beli motor tanpa ada kelengkapan surat-surat kendaraan, ” ucap Agung, Selasa, 22 Agustus 2017.

Ia mengimbau orang-orang yang ketahui segera praktek jual beli motor bodong supaya selekasnya melapor ke pihak kepolisian paling dekat. ” Kami siap tindak lanjuti laporan itu, karna ada pasalnya dalam 480 KUHP, ” ucapnya.

Agung tidak menyanggah bila praktek jual beli motor bodong masih tetap berlangsung di wilayahnya. Meski sekian, pihaknya berjanji supaya mengintensifkan razia besar-besaran dengan Satlantas Polres Pekalongan.

Manfaat meminimalkan peredaran motor tanpa ada kelengkapan ini, ia juga mengharapkan peranan aktif dari orang-orang. Hal tersebut perlu mengingat mustahil juga akan ada yang ingin jual motor bodong bila tak ada yang beli.

” Dengan motor begini, walau harga nya murah, bila tidak lengkap surat-suratnya janganlah dibeli. Bila tak ada yang beli, yang lakukan kejahatan pencurian motor kan dapat juga ditekan, ” katanya.

Dalam tiga minggu paling akhir, kata dia, pihaknya sudah membekuk tiga kawanan pencuri motor di tempat yang tidak sama. ” Operasi jalan tempo hari kita tangkap tiga aktor pencurian spesialis motor di tempat yang berlainan. Kita juga selalu ungkap beberapa masalah pencurian motor lainnya, ” kata dia.

Yuk cek produk kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek yuk kendaraan masa depan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Cek juga kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Baca juga artikel kendaraan ramah lingkungan Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel !!

Klik Hoverboard, Smartbalancewheel, Smartwheel, Balancewheel, Blitzwheel untuk kendaraan masa depan !!