Wisata Alam di Danau Situ Patenggang

Situ

Bandung memang terkenal akan tempat wisatanya yang memukau, indah, dan mampu menentramkan hati. Tempat wisata di Bandung lebih mengandalkan wisata alam, seperti wisata perkebunan, wisata gunung, kawah dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi ialah Danau Situ Patenggang. Sudah sangat banyak wisatawan lokal maupun asing. Ketertarikan mereka mengunjungi tempat wisata ini ialah karena tempat wisatanya yang memang indah, di samping itu sebagian besar tempat wisata di Bandung sudah terkenal sampai ke luar negeri. Tempat wisata danau ini terletak di daerah Bandung selatan. Danau yang memiliki ketinggian sekitar 1600 meter ini memiliki pemandangan yang asri, sejuk dan indah tentunya. Dijamin anda tidak akan kecewa jika mengunjungi tempat wisata alam ini.

Nama situ Patenggang ini sendiri diambil dari bahasa Sunda. Situ berarti danau dan patenggang yang berarti saling mencari. Konon ceritanya dahulu bermula saat Dewi Rengganis berpisah dengan Ki Santang dalam waktu yang cukup lama. Namun karena kekuatan cinta mereka begitu dalam dan kuat, mereka berdua saling mencari satu sama lain yang akhirnya mereka bertemu di Danau Situ Patenggang tepatnya di sebuah batu, yang diberi nama Batu Cinta. Setelah bertemu Dewi Rengganis mengajukan permintaan kepada Ki Santang untuk membangun sebuah danau dan perahu agar mereka dua bisa berlayar bersama. Saat ini, benda yang merepresentasikan perahu yang dulu sempat dibuat ialah sebuah pulau kecil berbentuk hati yang diberi nama Pulau Asmara atau pulau Sasaka. Menurut cerita yang dipercaya warga, jika pasangan mengelilingi pulau ini, cinta mereka akan abadi.

Tempat wisata ini dikelola dengan baik oleh pemerintah, karena mereka sadar akan potensi yang ada di tempat wisata tersebut. Fasilitas yang berada di Danau Situ Patenggang diantaranya, toilet , mushoae, gazebo sebagai tempat santai dan berkumpul, penginapan, tempat parkir, tempat penyewaan perahu, sepeda air, toko souvenir, perahu berbentuk angsa, dan rumah makan. Dengan lengkapnya fasilitas yang disediakan pemerintah ini membuat tempat ini semakin banyak diminati oleh wisatawan untuk mengunjunginya.